Cara mengembalikan Data / File Hard Disk yang hilang atau terhapus


  Data loss - Kehilangan data karena suatu hal dapat membuat kita Lemas tidak berdaya, panas dingin, panik, stress, kehilangan semangat hidup, bahkan kebanyakan dari kita (termasuk saya) Menangis. Benar - benar tidak memikirkan apapun kecuali cara untuk mengembalikan datanya. 


  Apalagi kalo kita kehilangan 100% data yang kita miliki. Bisa dilihat dari diagram diatas, 30% Kasus kehilangan data disebabkan oleh ksalahan manusia. Jadi kita harus lebih hati-hati.

   Saya ingatkan untuk kalian yang mengalami ini untuk Tabah, Sabar, berdoa, dan mengikhlaskan data yang hilang :D, salah satu caranya yaitu dengan menggunakan : Software Recovery. Nah, Sayangnya Software Recovery yang ada tidak mungkin mengembalikan data kita 100%, mungkin hanya 0-50%. Itupun memerlukan waktu yang cukup lama / benar - benar lama.

   Ini beberapa Software Recovery yang bisa dipakai, ada banyak aplikasi Recovery lain, agan tinggal pilih aja :


a. Remo Recovery - Download


 Dapat mengembalikan lebih dari 300 jenis file, berdasarkan harddisk dan partisi, dapat memindai drive eksternal, mengembalikan file yang sudah dihapus permanen dari recycle bin.
Hati - hati jangan sampe kamu kecewa!, software free ini hanya bisa memindai dan melihat file nya, namun tidak bisa me recover filenya sebelum upgrade.




b. EaseUS Data Recovery Wizard - Download

     Dapat memindai jenis data apapun dalam 3 langkah : Jalankan - Pindai - Recover. Dapat memindai dari USB Drive (Flashdisk), Harddisk yang terformat, partisi yang hilang, data yang hilang karena virus / alasan yang belum/tidak diketehui. Software ini Software berbayar dan Free Trial. Seperti biasa, ada fitur yang tidak berfungsi di Free Version, Jadi Sebaiknya agan download versi yang.... yaa agan tau sendiri lah. :D versi taninya... dari Web lain hehe.


  
 Semua data yang telah ditemukan oleh software recovery kebanyakan ditemukan dengan nama yang berbeda (the sims 4.rar menjadi FILE001.rar), memang membingungkan, tapi mungkin masih bisa dikira2 dari size file nya. Coba recover semuanya dan anda buka satu - satu lalu rename filenya, harus sabar untuk nunggu nya karna kalo agan melakukan pemindaian dan recover full satu hard disk akan memakan waktu yang banyak. 

   Hanya 2 Software itu saja yang ingin saya sarankan, bisa cari lagi untuk software recovery lain, karena sebenarnya semua software recovery itu ya fungsinya sama, cuma fiturnya berbeda - beda sebelum menggunakan nya cari tahu dulu fitur apa saja yang bisa digunakan di Free Versionnya :D, 

   Untuk cara menggunakan semua hampir sama, Install, lalu jalankan, pilih harddisk atau direktori mana yang mau dicari, setelah itu pindai, kalo udah selesai pemindaian akan ada list file - file yang berhasil ditemukan, setelah itu, kita pilih2 filenya lalu klik recovery.


Semoga Bermanfaat.....

Categorytag | Tips And Solving Problem

tag | data hilang, how to recover data, lost data caussed by diskpart clean, recovering formatted data, cleaned data, cara mengembalikan data yang hilang, cara mengembalikan data / file hardisk yang hilang
>_Copyright FOFA 01/03/2016


Posting Komentar

2 Komentar

  1. semoga berhasil backup datanya dengan cara itu, jadi tidak usah mahal2 dibawa ke teknisi yang lebih ahli untuk backup data.
    solder uap 2in1

    BalasHapus