Fakta melakukan refresh desktop


Refresh desktop? Siapa sih yang ngga tahu? Hampir semua orang yang punya komputer pernah melakukan refresh desktop. Klik kanan kemudian klik refresh pada desktop kita atau menekan tombol F5. Dari kata "refresh" kita dapat mengetahui bahwa artinya adalah "menyegarkan". Yang disegarkan adalah tampilan desktop kita. Dan inilah fakta yang sebenarnya terjadi saat kita melakukan "refresh"


Fakta 1 : Me-refresh desktop sama sekali ngga bikin komputer cepet
     Banyak orang (termasuk saya waktu kecil haha) beranggapan kalo me-refresh desktop setelah komputer menyala atau pas komputer kerasa lambat bisa meningkatkan kecepatan komputer dan kenyataannya HAL ITU SALAH BESAR. Loh? emang iya? , iya dong, refresh itu difungsikan untuk menyegarkan tampilan desktop kita terutama shortcut-shortcutnya jika ada perubahan. Kalo komputer itu speknya emang memadai, ya komputer itu bakal kenceng. Tapi jika komputer / laptop nya emang punya spek yang rendah ya sampai kiamat pun kita me-refresh desktop, komputer itu tetap lambat hehe.


Fakta 2 : Me-refresh desktop "hanya" membebani CPU / processor

     Me-refresh desktop berarti memuat ulang isi desktop kita, kalo dilakukan berulang-ulang atau dilakukan lama-lama dengan menahan tombol F5, maka processor akan bekerja sampe bisa nyentuh angka 100%! Kalau ngga percaya, coba deh buka Task Manager komputer (klik kanan di taskbar, pilih Start Task Manager kemudian pilih tab Performance). Nah, setelah dibuka, tekan F5 di desktop anda untuk me-refresh desktop, Wadidaw! Kerja processor pun meningkat. Saya tunjukan pake grafik cpu dibawah nih, processor bekerja 80% trus turun lagi jadi 20% kemudian naik lagi menjadi 80% dan seterusnya dalam waktu yang singkat. duh, ini masih 80%, belum 100%, efek ini bakal kerasa deh kalo processor kamu masih pentium. (klik gambar untuk memperbesar)
                                      
            
                       Sebelum di Refresh                                              Setelah di Refresh                           


Fakta 3 : Karena membebani processor, dengan cepat refresh desktop menaikkan suhu processor

     hmm, melihat processormu yang kerja 100% bakal jadi panas tuh cpu, semakin tombol F5 kamu tahan, semakin cpu kerja tinggi dalam waktu lama, coba deh ukur suhu cpu kamu pake software pengukurnya (salah satunya Real Temp), kalo kebiasaan ini dibiarkan terus, bukan semakin cepat, komputer kita malah semakin hang tuh, Gak cuma CPU kamu aja tuh yang bisa rusak fatal, tapi komponen lain bisa kena dampak juga dan salah satu hardware bisa terbakar!, wah kalo udah terlanjur kena hardware siap - siap aja deh ngeluarin biaya besar, 

Fakta 4 : Me-refresh desktop tidak mempercepat proses load sebuah situs

     Ini cukup bikin ketawa kecil dalem hati sih hehe, Kenapa? saya pernah baca di salah satu situs, teman dia ini ingin main Poker di Facebook, trus dia agak emosi karena loadingnya lama. Trus, dia bilang, "Ah, lama kali pun. Refresh dulu lah biar agak cepat." eh, dia langsung me-refresh desktop banyak-banyak, bahkan dia menahan tombol F5 lama-lama dan kemudian membuka kembali browser dan poker bisa dimainkan. Tapi yang sebenarnya dia dilakukannya adalah mengulur waktu dengan me-refresh agar dia tidak bengong nunggu halaman selesai dimuat.

Fakta 5 : Me-refresh komputer bisa membuat komputer hang

     Fakta ini hanya terjadi pada komputer yang lambat, karena saat CPU menyentuh 100% hanya untuk me-refresh, processor ini jadi ga punya ruang nih buat ngurus aplikasi lain yang bekerja, akhirnya processor ni bingung harus ngapain ya kaya kalian kalo dikasih tugas banyak - banyak, mana emak marah2 mulu, kan bingung tuh jadi ngefreeze kalian haha, sama aja tuh processor bakal hang dan seluruh sistem bakal ngefreeze, atau malah langsung mati tuh komputer,  

Fakta 6 : Me-refresh desktop gunanya hanyalah memuat ulang desktop sehingga isi desktop menjadi baru (ter-update)

     Fakta ini nyata (ya emang semua fakta nyata sih yah), misalkan kita menghapus beberapa shortcut, lalu daftar shortcut kita jadi bolong-bolong, atau ada shortcut baru yang lokasinya diperbarui, atau datanya dihapus, nah disinilah fungsi refresh untuk menyegarkan tampilan shotcut di desktop.



Nah, udah tau kan fakta - fakta diatas, jangan dilakuin lagi ya itu mencet F5 berulang - ulang kalo mau umur komputer kalian panjang :D.

Semoga Bermanfaat.

tag: refresh ber ulang ulang dengan F5, F5 untuk refresh, menahan F5 untuk refresh

Posting Komentar

2 Komentar

  1. ternyata merefres laptop tidak baik juga yaa dan Me-refresh komputer bisa membuat komputer hang juga...
    alat service laptop

    BalasHapus